Macam Bahan untuk Hijab Anda

bahan-kerudungPenampilan kita sebagai seorang muslimah, dituntut untuk selalu rapi dan santun. Dalam berhijab, berbagai macam kerudung dapat menjadi pilihan menarik yang kadang kurang kita perhatikan. Padahal, perbedaan jenis kerudung itu dapat menunjang penampilan menarik kita sehari-hari. Jangan khawatir, entrepreneur baju dan perlengkapan muslimah sekarang tetap mengemas fashion hijab tersebut sesuai dengan kaidah-kaidah Islam. Secara elegan dan modern, para desainer kini tetap mengembangkan kreativitas mereka untuk kemajuan fashion hijab dunia.

Material chiffon adalah salah satu jenis kerudung yang sering dipakai hijabers saat ini. Bahan ini mempunyai karakteristik lebih licin dibandingkan hycon. Bila kerudung berbahan chiffon ini akan dipakai, lebih baik gunakan ciput atau inner lainnya agar tampilannya lebih maksimal. Bergo atau kerudung praktis pun kerap berbahan chiffon, baik two tone ataupun chiffon crepe. Walau agak panas, bergo chiffon ini dapat dijadikan alternatif kerudung yang cocok dipakai untuk acara semi formal. Penampilan kerudung simple dapat dibuat motif payet agar dapat digunakan untuk acara resmi atau pesta. Chiffon saat ini banyak ditemui sebagai pashmina dan terdapat dalam bentuk bermotif ataupun polos.

Selanjutnya adalah kerudung berbahan dasar katun. Kelebihannya selain sangat nyaman dipakai untuk sehari-hari, perawatannya pun sangat mudah. Sayangnya, bahan ini tidak dapat dibentuk menjadi aneka kreasi karena bahannya agak tebal. Selain katun, rupanya bahan lyrax atau spandex juga tak kalah mudah perawatannya. Bahan ini tidak panas dan sangat lentur. Seperti bahan katun yang nyaman dipakai, spandex dapat digunakan dalam setiap kegiatan sehari-hari. Banyak yang mengatakan, bahan ini adalah bahan “korea” atau k-pop yang sedang nge-trend belakangan ini.

Bila kita memilih kerudung berbahan sutra, sama seperti bahan spandex, kerudung ini cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari karena nyaman dipakai dan tidak panas dengan tekstur lembutnya. Bahan cantik ini juga dapat kita kreasikan untuk bepergian ke pesta walaupun banyak yang mengatakan bahwa bahan seperti ini tidak boleh digunakan dalam berpakaian hijabers. Selain itu, bahan polyester sebagai kerudung yang pantas dipakai dalam acara formal maupun non formal. Bedanya dengan sutra, tekstur polyester ini sulit dikreasikan karena teksturnya cenderung kaku. Namun, dalam cuaca panas, kerudung jenis ini tak dapat kita gunakan karena rentan panas dan gerah.

Kerudung instan atau bergo memang biasanya berbahan jenis kaos. Namun, dengan kelebihan sebagai salah satu bahan yang paling nyaman dan dingin ketika dipakai, bila terlalu sering dicuci bahan ini lebih cepat mulur atau melar. Bahan ini paling mudah menyerap keringat seperti bahan rayon. Tak berbeda jauh dengan kaos, rayon pun bila keseringan dicuci akan mudah luntur dan cepat menimbulkan aroma kurang sedap. Terakhir, bahan voile sama seperti sutra yang halus dan lembut. Walaupun pada bagian leher sangat sulit dibentuk karena seratnya yang tidak lentur, kerudung berbahan voile ini sangat cocok dan nyaman dipakai pada siang hari.

Dengan memiliki kekurangan dan kelebihan, kita harus cermat memilih bahan mana yang cocok kita gunakan dalam setiap momennya. Setiap detik dan waktu, fashion hijab akan terus bergerak dan berkembang. Jadi, jangan cepat menyerah untuk mengkreasikan hijab kalian, ya!

about the author

No comments

The comments are closed.